Kamis, 20 September 2018

Menyikat Gigi yang Baik dan Benar


Menjaga kesehatan gigi dan mulut merupakan system pencegahan yang paling mudah dan relative murah. Sikat gigi secara terus menerus dengan interval tertentu untuk memutuskan tali ikatan perkembangan bakteri penyebab karies. Jadi frekuensi menyikat gigi yang baik dan benar adalah dua kali sehari yaitu pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Tujuan utama menyikat gigi adalah untuk membersihkan sisa makanan yang menempel pada gigi. Apabila kita membersihkan gigi secara benar, plak pun ikut bersih dari permukaan gigi, namun plak
ini secara alamiah akan terbentuk lagi dari waktu ke waktu. Plak ini merupakan lapisan tipis transparan, tidak bisa dilihat oleh mata teranjang dan melekat erat pada permukaan gigi. Plak bisa dilihat apabila diwarnai dengan zat khusus beernama disclosing agent atau disclosing solution, suatu cairan berwarna merah. Saat gigi di warnaidengan zat ini, plak tersebut akan terlihat berwarna merah.

Cara menyikat gigi yang baik dan benar adalah dengan memperhatikan arah 45 bulu sikat supaya kantong gusi juga bisa ikut bersih. Jangan lupa menyikat seluruh permukaan gigi, yaitu atas, bawah, depan, belakang dan permukaan gigi yang menghadap ke langit-langit mulut dan lidah (dalam). Dengan cara :

·         Cara menyikat gigi bagian depan :

Dengan gerakan atas bawah disertai lingkaran-lingkaran kecil

·         Cara menyikat gigi bagian belakang :

Dengan gerakan berupa lingkaran-lingkaran besar

·         Cara menyikat gigi bagian dalam :

Dengan gerakan mencongkel ke arah luar

·         Cara menyikat gigi bagian dataran kunyah :

Dengan gerakan maju mundur

0 komentar:

Posting Komentar